Dengarkan Ini Gan

From author

selamat datang di blog ini
kami memiliki fitur fitur dan artikel yang menyuguhkan ilmu ilmu dan informasi

visit the another author page

http://duniadalamforum.indonesianforum.net
http://duniadalammaya.wall.fm
http://boy-nandy.blogspot.com

sms gratis


Sudah Pernah Lihat Ritual Mangalahat Horbo?

Mangalahat horbo (sembelih kerbau), ritual ini sering dilaksanakan pada saat-saat tertentu misalnya pada acara “kemenangan” (saat perang), kelahiran raja, pemujaan Sombaon Na Martua Pusuk Buhit, Mangase Taon – Mangalahat Horbo Bius dan sebagainya. Disebagian tempat di tanah Batak ritual Mangalahat Horbo berbeda adatnya, seperti ritual Mangalahat Horbo di Lintong Ni Huta – Humbang Hasundutan.
Ritual Mangalahat HorboTepatnya pada saat acara adat Mauli Bulung orangtua dari Rohana Sihombing beberapa waktu lalu.  Adat penuh yang dilaksanakan dimulai dengan acara ritual Mangalahat Horbo, dimana ritual ini adalah suatu bentuk ucapan terima kasih dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa oleh keluarga besar bahwa umur panjang yang diberikan kepada orangtua mereka bisa mencapai umur 87 tahun. Seluruh keturunan yang ditinggal sudah menikah serta sudah memiliki cucu dan cicit.
Ritual tersebut juga dilaksanakan sebagai ungkapan memanjatkan doa oleh pihak keluarga besar kepada Tuhan agar diberikan kesehatan, sukses dan kemakmuran kepada semua keturunan orangtua tercinta.
Berikut ini video ritual Mangalahat Horbo yang kami (oleh team gobatak.com) sebagai dokumentasi prosesi adat Mangalahat Horbo (sembelih kerbau). Dalam video liputan berikut ini sudah kami sensor terlebih dahulu dimana proses ritual tersebut menunjukkan penyembelihan hewan kerbau.

videonya bisa di check

0 testimonial:

Posting Komentar

Gunakan Smile yang anda ketahui untuk postingan