Dengarkan Ini Gan

From author

selamat datang di blog ini
kami memiliki fitur fitur dan artikel yang menyuguhkan ilmu ilmu dan informasi

visit the another author page

http://duniadalamforum.indonesianforum.net
http://duniadalammaya.wall.fm
http://boy-nandy.blogspot.com

sms gratis


Saung Udjo Saksi pemeliharan Angklung Sunda

You may read this article in English at http://UniquelyIndonesia.blogspot.com

Bagi para pembaca yang sering ke Bandung, tapi bosan hanya ke Factory Outlet dan mall saja, mungkin boleh mencoba sesuatu yang lain. Ingin menyaksikan kesenian tradisional bangsa kita sendiri? Tidak ada salahnya kalau Anda mampir ke Saung Angklung Udjo. Angklung merupakan alat musik tradisional yang terdiri dari gabungan beberapa pipa bambu dengan ukuran yang berbeda – beda dan dirangkai dalam suatu bingkai yang kecil dan di guncangkan untuk mengeluarkan bunyi dengan nada tertentu, yang biasanya dimainkan secara bersama-sama untuk menghasilkan harmonisasi nada.

Disini kita dapat menyaksikan pagelaran seni tradisional mulai dari wayang golek, tarian tradisional, musik arumba (alunan rumpun bambu), tari topeng, dan tentunya pagelaran musik angklung yang dimainkan oleh ratusan anak. Selain itu juga terdapat toko souvenir (art shop) yang menjual barang2 seni terutama seputar angklung. Harganya lumayan terjangkau lho. Mulai dari gantungan kunci, tempelan kulkas, pajangan angklung mini, hingga 1 set angklung yang dapat dimainkan. Ada juga wayang, topeng, dan hiasan untuk digantung di rumah.

Sayangnya watu kami ke tempat ini, kami baru tahu pertunjukkan baru dimulai pukul 15.30, sedangkan kami sudah harus kembali ke Jakarta lagi. Jadi kami hanya sempat melihat ke toko souvenir nya saja. Tapi kami coba membagikan foto saat pertunjukkan yang dapat dilihat secara lengkap di website resmi Saung Angklung Udjo. Mungkin di lain kesempatan, kami dapat menyaksikan pertunjukkan tersebut. Berdasarkan informasi yang kami terima, banyak wisatawan asing lho yang menyaksikan pertunjukkan di sini, malah terkesan mereka lebih antusias. Wah, masa orang asing lebih menghargai kebudayaan Indonesia, dibanding orang Indonesia-nya sendiri. Malu dong.. Saung Angklung Udjo ini sudah sering mendapatkan penghargaan lho (dalam & luar negeri), sering tampil di berbagai tempat, hingga ke luar negeri, masuk ke televisi, wah pokoknya hebat deh.
Harga tiket masuk pertunjukkan sebesar Rp 50.000 untuk WNI dan Rp 80.000 untuk tamu asing. Memang menurut kami sih ada baiknya tiket masuk pertunjukkan untuk WNI agak diturunkan, sehingga terjangkau untuk semua lapisan masyarakat agar dapat turut menyaksikan keseniannya dan turut bangga karenanya. Karena dengan tiket masuk Rp 50.000 / orang, tidak semua orang lho dapat mengajak keluarganya ke tempat ini, bahkan untuk orang Bandung nya sendiri, ironis kan ? Tapi untuk masuk melihat-lihat ke toko souvenirnya gratis koq. Silahkan saja mampir.
Petunjuk ke Saung Angklung Udjo
Petunjuk ke Saung Angklung Udjo
Untuk mencapai ke tempat ini mudah koq, Anda kalau dari tol Cipularang, keluar di tol pasteur, lalu naik jembatan layang, terus saja sampai ada petunjuk ke Cicaheum, lalu turun, dan ikuti jalan besar, Anda akan melewati deretan kios2 penjual kaos, dan sablonan, lalu kira2 100 m sebelum terminal Cicaheum maka ada petunjuknya untuk belok ke kiri masuk ke sebuah jalan yang bernama Padasuka. Lalu tidak jauh, Anda akan menemui petunjuk lagi ke lokasi Saung Angklung Udjo di sebelah kanan jalan. Tempat parkir cukup luas koq.
Mungkin Anda tertarik untuk mengajak rombongan ke Saung Angklung Udjo, silahkan menghubungi via telpon ke nomor di bawah ini. Mari kita jadikan masyarakat kita mencintai kebudayaannya sendiri, jangan sampai negara lain yang mencintai (bahkan memiliki) kebudayaan Indonesia ini.

Saung Angklung Udjo
Jl. Padasuka 118, Bandung
Telp : (022) 7271714
Peta Lokasi Saung Angklung Udjo
Peta Lokasi Saung Angklung Udjo

0 testimonial:

Posting Komentar

Gunakan Smile yang anda ketahui untuk postingan