Dengarkan Ini Gan

From author

selamat datang di blog ini
kami memiliki fitur fitur dan artikel yang menyuguhkan ilmu ilmu dan informasi

visit the another author page

http://duniadalamforum.indonesianforum.net
http://duniadalammaya.wall.fm
http://boy-nandy.blogspot.com

sms gratis


Misteri Batak. Satu aliran mata air 7 Rasa?

Batak. Siapa sih yang tidak kenalnya? Banyak marga, Orangnya muka garang, Masih ada Mistiknya. Kali ini saya berposting ttg air sipitu dai.

Air Situjuh Rasa begitu arti bahasa indonesia, adalah sebuah tempat wisata yang berada di desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjurmula-mula Kabupaten Samosir, Sumut. Bertempat di Si Raja Batak bermukim pertama kalinya. Kalau ingin ke Desa ini melewati jalan Dolok Sanggul-Sidikalang. Nanti setelah melihat Gapura bertuliskan jalan Tele menurun ikutilah jalan itu walaupun itu jalan satu-satunya jalanannya penuh batu dan tidak rata. Saat arah mau panggururan. Ada belokan ke Tulisan Sianjur Mula-mula. Belok kirinya dan nanti ada palang bertuliskan Objek Wisata Aek Sipitu dai.

gambar pagar sipitu dai!

Sipitu dai memiliki sebuah kemistikan yaitu sebuah air satu sumber dari pohon rimbun dapat menghasilkan 7 berbeda rasa. Sungguh ajaib. Manis, Asam, Pahit, Asin, Kecut, dll. Aliran rasa tersebut mengalir 7 patung yang memegang sebuah guci. 4 opung Boru(4 Patung leluhur wanita) dan 3 Opung doli(3 patung leluhur pria) padahal dibuat sebagai pemuda pemudi tetap seluruh para penggunjung tetap mengatakan Satabe Opung(permisi leluhur) sebagai wujud hormat. karna diyakini ada roh yang menetap dipatung itu. Biasanya para pengunjung arah ke Danau toba pasti menyempatkan dirinya mandi di tempat itu. Karena Airnya diyakini sebagai obat yang mujarab. dan ini terjadi. saya pernah mencoba airnya. saat sampai di rumah kakek nenek saya dari mama tiba tiba perut mules dan mengeluarkan feses yang berwarna kehitaman. saat saya browsing saya cari tentang feses yang tidak semestinya dan saya tanya pada bibi saya yang kebetulan dokter katanya  racun keluar! Jadi air aek sipitudai dapat megeluarkan racun! Sipitu dai memiliki pantangan yang harus di jalani.

1. jangan mengomentari rasa air saat masih di lokasi
2. sebelum merasakan katakan satabe Opung
3. Jangan berkata kasar, kotor dan lain-lain saat di lokasi

memang itu gampang tapi kalau keceplosan gimana?

Sipitu dai juga berdekatan dengan Kampung Limbong, batu Hobon, Batu Sawan, Dan Sopo Guru tatea bulan. Dan dari Sipitu dai kita bisa lihat Gunung Keramat Batak Pusuk Buhit(bahasa batak pucuk Buhit) dari lokasi wisata. Selain itu tiket masuk gratis :D hehe.

Horas Tano batak dohot saluhutna ido bolga na Kuasa ni Debata Jahowa. Hamoraon Hagabeon Hasangapon lului ma hamu! Amen

0 testimonial:

Posting Komentar

Gunakan Smile yang anda ketahui untuk postingan